Universitas Pamulang merupakan salah satu universitas yang ada di Kota Tangerang Selatan, yang berdiri pada tahun 2000 yang kemudian pada tahun 2005 secara resmi dikelola oleh Yayasan Sasmita Jaya. Pengalihan pengelolaan ini kemudian berdampak pada pengelolaan manajemen dan tujuan yang ingin dicapai oleh Universitas Pamulang sendiri.

Tujuan dari Yayasan Sasmita Jaya sendiri ialah mewujudkan sarana pendidikan yang murah dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa melupakan kualitas pendidikan itu sendiri. Oleh sebab itu Universitas Pamulang hadir sebagai salah satu solusi bagi dunia pendidikan di Indonesia. Sudah banyak program studi yang ada dan dibuka di Universitas Pamulang dari DIII, S-1, dan S-2.

Salah satu program studi yang ada di Universitas Pamulang ialah Program Studi Pendidikan Jasmani. Pada tahun 2019 Program Studi Pendidikan Jasmani digagas, disiapkan, dan diajukan namun pada tahun tersebut terdapat kebijakan dari pemerintah untuk beberapa program studi termasuk Program Studi Pendidikan Jasmani yang belum bisa diajukan karena adanya monatorium yang diberlakukan.

Pada akhirnya pada tahun 2023 sesuai surat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 4289/E1/HK.03.00/2023 mengenai Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 528/E/O/2023 tertanggal 19 Juni 2023 mengenai Penyatuan Universitas Sutomo di Kota Serang ke Universitas Pamulang Kota Tangerang Selatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Sasmita Jaya.

Berdasarkan surat tersebut dilampirkan juga penyelenggaraan program studi yang ada di lingkungan Universitas Pamulang yang mana salah satunya ialah Program Studi Pendidikan Jasmani S-1. Maka hal ini mengindikasikan bahwa Program Studi Pendidikan Jasmani secara resmi dibuka pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024.

Pada Penerimaan Mahasiswa Baru untuk semester Ganjil TA 2023/2024 jumlah animo masyarakat pada prodi ini bisa dikatakan luar biasa karena jumlah pendaftar pada program studi Pendidikan Jasmani berjumlah 325 mahasiswa dan yang dinyatakan diterima sebanyak 278 mahasiswa yang artinya pada awal pembukaan Pendidikan Jasmani membuka 6 kelas untuk mahasiswa baru di Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024.

Akreditasi yang didapatkan oleh Program Studi Pendidikan Jasmani S-1 sesuai Surat Keputusan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) Nomor 1102/SK/LAMDIK/Ak-PSB/S/XI/2023 Tertanggal 21 November 2023 Tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Pendidikan Jasmani Pada Program Sarjana Universitas Pamulang Kota Tangerang Selatan mendapatkan Predikat “BAIK”.

Program Studi Pendidikan Jasmani sendiri didukung dengan Sumber Daaya Manusia (SDM) dosen yang sudah tersertifikasi baik S2 dan S3. Kurikulum yang ditawarkan merupakan kurikulum yang mutakhir dengan masukan-masukan dari Stakeholder dan Asosiasi yang menambah kesesuaian capaian dan profil lulusan Program Studi Pendidikan Jasmani kedepan. Sarana yang mendukung juga menjadi sisi keunggulan karena Program Studi Pendidikan Jasmani memiliki sarana dan prasarana yang lengkap yang meliputi Laboraturium Microteaching, Laboraturium Anatomi dan Faal Olahraga, Lapangan Bola, Lapangan Atletik, Lapangan Futsal, Ruang Senam dan Kebugaran, Perpustakaan yang terakreditasi A, Wiffi, Kelas Ber-AC, Eskalator, Lift,  tempat parkir 10 lantai, kantin yang lengkap, ruang Teleconference, Auditorium, Masjid dan sarana ibadah serta fasilitas lain yang sangat memadai.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *